Berikut adalah pembahasan tentang: Pengertian iklan, ciri-ciri iklan, pengunaan bahasa dalam iklan, jenis-jenis iklan, syarat-syarat iklan, ciri-ciri iklan baris, contoh iklan baris, macam macam iklan, unsur-unsur iklan, unsur unsur dalam iklan.
IKLAN
Iklan mengandung dua pengertian, yaitu:
- berita pesanan untuk mendorong, membujuk atau memberikan persuasi kepada khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.
- pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa atau tempat-tempat umum.
1. Syarat-syarat iklan
- Harus objektif dan jujur.
- Jelas dan mudah dipahami.
- Tidak menyinggung pihak lain
- Menarik perhatian orang banyak
2. Bahasa yang digunakan dalam iklan memiliki kriteria berikut.
- Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, logis, dan sopan.
- Ungkapan atau majas yang digunakan memikat dan memiliki daya sugesti bagi khalayak.
- Bahasa disusun untuk menonjolkan informasi yang dipentingkan.
- Teks iklan harus menuju sasaran.
contoh Iklan Baris |
3. Jenis-jenis iklan
- Iklan pemberitahuan atau pengumuman, yaitu iklan yang bertujuan untuk memberitahuka sesuatu kepada khalayak. Contoh: iklan keluarga, yaitu iklan yang berisi berita keluarga, misalnya kelahiran, ulang tahun, perkawinan, kematian, dan sebagainya.
- Iklan undangan, iklan yang berisi ajakan atau imbauan untuk mendatangi suatu acara atau pertemuan.
- Iklan layanan masyarakat, yaitu iklan yang bertujuan memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Contoh: iklan keluarga berencana dan iklan bahaya narkotika.
- Iklan permintaan, yaitu iklan yang berisi permintaan sesuatu, seperti lowongan pekerjaan.
- Iklan artikel, yaitu iklan yang berisi informasi atau penawaran panjang yang diawali dengan perkenalan, isi, keunggulan, dan penutup.
- Iklan penawaran, yaitu iklan yang bertujuan menawarkan suatu produk.
- Iklan baris, yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran atau informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini.
Ciri-ciri iklan baris:
- menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan tepat,
- menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti,
- menggunakan kata konotasi positif, isi iklan baris bersifat objektif, jujur, singkat,
- jelas, menarik perhatian, dan tidak menyinggung golongan atau produk lain.
UNSUR – UNSUR IKLAN
Unsur –unsur yang terkandung dalam iklan terbagi menjadi dua, yaitu kalimat deskriptif dan kalimat persuasif.
- Kalimat deskriptif merupakan deskripsi dalam iklan yang berfungsi untuk menguraikan spesifikasi produk atau layanan yang akan diiklankan.
- Kalimat persuasif merupakan persuasi dalam iklan yang berfungsi untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau layanan yang sedang diiklankan.