Pengertian Iklan, Syarat-syarat, Unsur-unsur, Ciri-ciri dan Jenis Iklan

Berikut adalah pembahasan tentang: Pengertian iklan, ciri-ciri iklan, pengunaan bahasa dalam iklan, jenis-jenis iklan, syarat-syarat iklan, ciri-ciri iklan baris, contoh iklan baris, macam macam iklan, unsur-unsur iklan, unsur unsur dalam iklan.

IKLAN

Iklan mengandung dua pengertian, yaitu:

  1. berita pesanan untuk mendorong, membujuk atau memberikan persuasi kepada khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. 
  1. pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa atau tempat-tempat umum.

1. Syarat-syarat iklan

  • Harus objektif dan jujur.
  • Jelas dan mudah dipahami.
  • Tidak menyinggung pihak lain
  • Menarik perhatian orang banyak

2. Bahasa yang digunakan dalam iklan memiliki kriteria berikut.

  1. Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, logis, dan sopan.
  2. Ungkapan atau majas yang digunakan memikat dan memiliki daya sugesti bagi khalayak.
  3. Bahasa disusun untuk menonjolkan informasi yang dipentingkan.
  4. Teks iklan harus menuju sasaran.

 Pengertian iklan, ciri-ciri iklan, pengunaan bahasa dalam iklan, jenis-jenis iklan, syarat-syarat iklan, ciri-ciri iklan baris, contoh iklan baris, macam macam iklan, unsur-unsur iklan, unsur unsur dalam iklan.
contoh Iklan Baris

3. Jenis-jenis iklan

  1. Iklan pemberitahuan atau pengumuman, yaitu iklan yang bertujuan untuk memberitahuka sesuatu kepada khalayak. Contoh: iklan keluarga, yaitu iklan yang berisi berita keluarga, misalnya kelahiran, ulang tahun, perkawinan, kematian, dan sebagainya.
  2. Iklan undangan, iklan yang berisi ajakan atau imbauan untuk mendatangi suatu acara atau pertemuan.
  3. Iklan layanan masyarakat, yaitu iklan yang bertujuan memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Contoh: iklan keluarga berencana dan iklan bahaya narkotika.
  4. Iklan permintaan, yaitu iklan yang berisi permintaan sesuatu, seperti lowongan pekerjaan.
  5. Iklan artikel, yaitu iklan yang berisi informasi atau penawaran panjang yang diawali dengan perkenalan, isi, keunggulan, dan penutup.
  6. Iklan penawaran, yaitu iklan yang bertujuan menawarkan suatu produk.
  7. Iklan baris, yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran atau informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini. 


Ciri-ciri iklan baris:

  • menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan tepat,
  • menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti,
  • menggunakan kata konotasi positif, isi iklan baris bersifat objektif, jujur, singkat,
  • jelas, menarik perhatian, dan tidak menyinggung golongan atau produk lain.

UNSUR – UNSUR IKLAN

Unsur –unsur yang terkandung dalam iklan terbagi menjadi dua, yaitu kalimat deskriptif dan kalimat persuasif. 
  • Kalimat deskriptif merupakan deskripsi dalam iklan yang berfungsi untuk menguraikan spesifikasi produk atau layanan yang akan diiklankan. 
  • Kalimat persuasif merupakan persuasi dalam iklan yang berfungsi untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau layanan yang sedang diiklankan.