Pengetian, Ciri-ciri, dan Contoh Kata Kerja dan Kata Benda Dalam Bahasa Indonesia

Berikut adalah pembahasan tentang: Kata kerja, verba, pengertian kata kerja, ciri-ciri kata kerja, contoh verba, kata benda, kata nomina, pengertian kata benda, ciri-ciri kata benda, contoh kata benda.

KATA KERJA (VERBA)

Pengertian Kata Kerja: 
Kata kerja atau verba merupakan kata yang berfungsi sebagai predikat atau sebagai inti predikat dalam kalimat. Verba mempunyai makna ‘perbuatan (aksi), proses, atau keadaan yang bukan sifat dan bukan kualitas’.

Ciri-ciri Kata Kerja


  1. Verba tidak dapat diberi prefiks ter- yang berarti ‘paling’. Contohnya,verba mati dan suka tidak dapat diubah menjadi termati, tersuka.
  2. Pada umumnya, verba tidak dapat bergabung dengan kata-kata yang menyatakan makna kesangatan. Contohnya, tidak ada bentuk sangat makan, sangat tidur, sangat pergi.

KATA BENDA (NOMINA)

Pengertian Kata Benda: 
Kata benda atau nomina adalah kata yang mengacu pada manusia, binatang, benda, dan konsep atau pengertian.

Ciri-ciri kata benda:


  1. Dalam kalimat yang predikatnya kata kerja, kata benda cenderung menduduki fungsi subjek, objek atau pelengkap. Misalnya, kata pekerjaan dalam kalimat Ayah mencarikan saya pekerjaan adalah kata benda.
  2. Kata benda tidak dapat diingkarkan dengan kata tidak. Kata pengingkarnya adalah kata bukan. Contoh, untuk mengingkarkan kalimat Ayah saya guru harus dipakai kata bukan: Ayah saya bukan guru.
  3. Kata benda umumnya dapat diikuti oleh kata sifat, baik secara langsung maupun dengan kata penghubung yang. Misalnya, kata buku merupakan kata benda karena dapat bergabung menjadi buku baru atau buku yang baru.