Rangkuman Lengkap, Akhiran kan, Imbuhan Man Wan Wati dan Imbuhan Asing , Lengkap Dengan Contoh Dan Kalimatnya

Berikut adalah pembahasan tentang: Akhiran kan, makna akhiran kan, contoh akhiran kan, contoh imbuhan akhiran, contoh imbuhan man, imbuhan man wan wati, imbuhan man, akhiran wan dan wati, imbuhan wan dan wati, contoh kalimat imbuhan man wan wati, contoh kata akhiran, imbuhan asing.

Akhiran –kan

Akhiran –kan tidak mengalami perubahan apabila ditambahkan pada kata apapun, dan berfungsi membentuk kata kerja.

Makna Akhiran kan

Makna akhiran –kan antara lain:
 Akhiran kan, makna akhiran kan, contoh akhiran kan, contoh imbuhan akhiran, contoh imbuhan man, imbuhan man wan wati, imbuhan man, akhiran wan dan wati, imbuhan wan dan wati, contoh kalimat imbuhan man wan wati, contoh kata akhiran, imbuhan asing.

  1. ’menyebabkan’, ’menjadikan’ ➞ Kisah sedih itu menangiskan kami.
  2. ’melakukan untuk/ bagi orang lain’ ➞ Aku membuatkan adik makanan.
  3. ’sungguh-sungguh’ ➞ Perhatikan gambar berikut.
  4. ’dengan’ ➞ Ikatkan tali ini pada dahan itu.

Akhiran –wan dan -wati

  • Akhiran –wan dan –wati menunjuk pada orang yang ahli di bidang tertentu, orang yang mata pencahariannya atau pekerjaannya di bidang tertentu, orang yang memiliki barang atau sifat khusus.
  • Akhiran –wan memiliki bentuk –man dan –wati. Akhiran –man diletakkan pada dasar yang berakhir dengan fonem –i, contohnya budiman dan seniman. Akhiran –wati merujuk pada perempuan, contohnya karyawati.

Akhiran –is, -isme, -isasi

  • Akhiran –is, -isme, dan –isasi merupakan akhiran yang dipungut dari bahasa asing.
  • Akhiran –is berfungsi sebagai pembentuk kata benda dan kata sifat. 
    • Sebagai pembentuk kata benda, contohnya jurnalis, idealis.
    • Sebagai pembentuk kata sifat contohnya agamis, egois. Makna akhiran –is adalah ’orang, pelaku’ dan ’berkenaan dengan, bersifat’.
  • Akhiran –isme berfungsi sebagai pembentuk kata benda dan bermakna ajaran atau paham. Contoh: komunisme, liberalisme, kapitalisme. 
  • Akhiran –isasi berfungsi sebagai pembentuk kata benda yang menyatakan ‘proses’, ‘cara’, ‘perbuatan’. Contoh: globalisasi, liberalisasi