Kebutuhan Manusia, Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia, Dan Kebutuhan Primer, Sekunder Serta Tersier

Berikut adalah pembahasan tentang: Kebutuhan Manusia, Alat Pemenuhan Kebutuhan manusia, Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia, Kebutuhan primer, pengertian kebutuhan primer, contoh Kebutuhan primer, Kebutuhan sekunder, pengertian Kebutuhan sekunder, contoh Kebutuhan sekunder, Kebutuhan tersier, pengertian Kebutuhan tersier, contoh Kebutuhan tersier.

Kebutuhan Manusia Dan Alat Pemenuhannya

Dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia memerlukan berbagai macam barang dan jasa sebagai alat untuk memenuhi semua kebutuhannya.

Kebutuhan manusia beraneka ragam macam dan jenisnya, serta jumlahnya tidak terbatas. Contohnya, sebagai pelajar tentu kamu membutuhkan seragam, alat tulis, buku pelajaran, sepatu, dan sebagainya.

Semua barang yang kamu butuhkan tersebut harus melalui proses produksi terlebih dahulu dengan bahan dasar yang beraneka ragam pula. Selain peralatan untuk sekolah, tentu kamu membutuhkan berbagai macam barang lainnya, bukan? apakah yang dimaksud dengan kebutuhan?

Kebutuhan merupakan semua keinginan manusia yang menuntut untuk dipenuhi, jika tidak terpenuhi maka dapat menimbulkan masalah.

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa kebutuhan manusia sangat banyak dan beragam, bahkan tidak terbatas. Tidak terbatasnya kebutuhan manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya yaitu:
  1. jumlah manusia yang semakin bertambah,
  2. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,
  3. tingkat pendidikan,
  4. tingkat pendapatan,
  5. sifat manusia yang tidak pernah puas.

Kebutuhan manusia dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok sebagai berikut.

Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya

Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan manusia dapat dikelompokkan lagi menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.


Kebutuhan primer 

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar harus dipenuhi oleh manusia untuk menjaga kelangsungan hidupnya.
Contoh kebutuhan primer, yaitu kebutuhan akan makanan, minuman, tempat tinggal, dan pakaian.


Kebutuhan sekunder 

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh kebutuhan sekunder, yaitu barang-barang elektronik.

Kebutuhan tersier 

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan setelah kebutuhan primer dan sekunder dipenuhi. 
Contoh kebutuhan tersier, yaitu kebutuhan akan barang-barang mewah, seperti mobil mewah dan perhiasan yang mahal.