Kata Tugas, Pengertian Kata Tugas, Dan Macam-macamnya, Berikut Pengertian Kata Depan, Macam-macam Kata Depan dan Contohnya

Berikut adalah pembahasan tentang: Kata tugas, pengertian kata tugas, macam-macam kata tugas, macam-macam preposisi, contoh kalimat preposition, kata depan, pengertian kata depan, macam-macam kata depan,

KATA TUGAS 

PENGERTIAN KATA TUGAS

Kata tugas merupakan kata yang hanya mempunyai arti gramatikal dan tidak memiliki arti leksikal. Jadi, kata tugas merupakan kata atau gabungan kata yang tugasnya semata-mata memungkinkan kata lain berperanan dalam kalimat.

MACAM-MACAM KATA TUGAS

Dalam bahasa Indonesia kata tugas terdiri dari preposisi ( Kata Depan), Konjungsi (Kata Sambung), Interjeksi (Kata Seru), Artikel (Kata Sandang).
eyd ,imbuhan ,contoh preposition ,preposition ,kelas kata ,contoh adverb ,kata imbuhan ,contoh kalimat preposisi ,contoh kalimat gerund ,contoh gerund ,eyd bahasa indonesia ,contoh kalimat adverb ,penulisan kata ,kata depan di ,contoh kata berimbuhan ,penulisan kata depan ,kata nomina ,bahasa inggris dan artinya ,kata penghubung dalam bahasa inggris ,preposisi bahasa inggris ,kelas kata dalam bahasa indonesia ,contoh gerund as subject ,contoh kata bilangan ,kalimat preposition ,contoh eyd ,gerund after preposition ,kata sambung dalam bahasa inggris ,gabungan kata
Kata Tugas

Preposisi (Kata Depan)

Preposisi atau kata depan terletak di bagian awal frase. Unsur yang mengikutinya dapat berupa kata benda, kata sifat, kata kerja. Preposisi ada dua macam, yaitu tunggal dan gabungan.

a. Preposisi tunggal

Preposisi tunggal terdiri atas satu kata, biasanya kata dasar (di, ke dari, pada, bagi, oleh) dan berimbuhan (bersama, beserta, menuju, menurut, terhadap, melalui).

b. Preposisi gabungan

Terdiri atas dua preposisi yang letaknya berurutan (daripada, kepada, oleh karena, sampai dengan) dan berhubungan. Preposisi daripada hanya digunakan untuk menyatakan perbandingan. Preposisi gabungan terdiri atas dua unsur yang berpasangan, tetapi terpisah oleh kata lain, contohnya: dari..hingga.., dari..sampai ke.., dari..ke.., antara..dengan.., antara..dan.., sejak..hingga..