Pengertian, Pasar Abstrak, Pasar Konkret, Ciri-ciri Dan Contoh

Berikut adalah pembahasan tentang: Pasar abstrak, pasar konkret, pengertian pasar konkret, contoh pasar konkret, pengertian pasar abstrak, contoh pasar abstrak.

Pasar Abstrak dan Pasar Konkret

Selain macam-macam pasar yang sudah dijelaskan di atas, terdapat jenis pasar lainnya, yaitu pasar konkret dan pasar abstrak. Pengelompokan ini berdasarkan ada tidaknya atau tampak tidaknya barang yang diperjualbelikan pada saat terjadi proses transaksi.
Pasar abstrak, pasar konkret, pengertian pasar konkret, contoh pasar konkret, pengertian pasar abstrak, contoh pasar abstrak.
Pasar Modal 

Pasar Konkret

Pasar konkret, yaitu pasar dengan barang yang dijual ada di tempat dan bisa langsung dibawa pembeli. Pada umumnya, pasar yang kita temui sehari-hari adalah bentuk pasar konkret dengan barang yang diperjualbelikan ada di tempat.

Baca juga: Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna Dan Contohnya

Ciri-ciri Pasar Konkret

Ciri-ciri pasar konkret, di antaranya:
  1. barang yang diperjualbelikan ada di tempat;
  2. penjual dan pembeli bertemu secara langsung;
  3. membutuhkan tempat untuk menyimpan barang;
  4. barang yang dibeli dapat langsung dibawa pulang;
  5. barang yang dijual biasanya berupa barang kebutuhan pokok.

Contoh pasar konkret di antaranya adalah pasar tradisional, pasar ikan, pasar elektronik, pasar swalayan, supermarket, hypermarket, mall, dan supermall.

Pasar Abstrak

Pasar abstrak, yaitu pasar dengan barang yang diperjualbelikan tidak ada di tempat secara langsung. Proses jual beli dalam pasar abstrak tidak mesti berhadapan langsung, namun bisa melalui telepon, surat, dan internet. Contoh : Pasar uang, pasar modal.

Baca juga: Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Pasar Monopoli Dan Pasar Oligopoli