Terjemah Teks Percakapan Bahasa Arab Kitab Baina Yadaika 07: الدراسة ( Belajar )

Hiwar atau percakapan bahasa Arab kali ini bertemakan Ad Dirosah atau dalam bahasa Indonesia berarti Belajar. Pada bab ini anda  akan disuguhkan dengan beberapa istilah bidang pendidikan mulai nama mata pelajaran, nama fakultas atau jurusan sampai kopetensi lulusan fakultas tertentu. Silahkan ambil buku Silsilah Arabiyah Baina Yadaika anda dan bukalah halaman 141,142dan 143. Selamat belajar !

Pelajaran I

Al Arobiyah Baina Yadaika Juz I, hal. 141

Ghonim   : Lihatlah ke papan pengumuman. Baca jadwal pelajaran !
Gholib     : Sekolah lima hari dalam satu minggu.

Ghonim   : Iya, hari sabtu, ahad, senin, selasa dan rabu.
Gholib     : Libur hari kamis dan jum'at.

Ghonim   : Tulis mata pelajarannya !
Gholib     : Wawasan Islam, Bahasa Arab, Matematika, Sain dan komputer.

Gholib     : Kapan ujian dimulai ?
Ghonim   : Di bulan Sya'ban.

Gholib     : Dan kapan berakhir tahun ajaran ?
Ghonim   : Di bulan Ramadhan.

Gholib     : Liburan selama tiga bulan.
Ghonim   : Alhamdulillah, liburan yang panjang.

Gholib     : Jam pelajaran telah dimulai, mari ke kelas!
Ghonim   : Mari !

Pelajaran II

Al Arobiyah Baina Yadaika Juz I, hal. 142

Nada    : Asalamualaikum
Ilham   : Wa Alaikum Salam

Nada    : Namaku Nada, Aku orang Suriah.
Ilham   : Namaku Ilham, Aku Orang Saudi.

Nada    : Aku seorang mahasiswi di Universitas Damaskus.
Ilham   : Aku seorang mahasiswi di Universitas Ummul Quro.

Nada    : Kamu kuliah di jurusan apa ?
Ilham   : Aku kuliah di jurusan tarbiyah.

Ilham   : dan kamu kuliah di jurusan apa ?
Nada    : Aku kuliah di jurusan kedokteran.

Ilham   : Aku akan jadi seorang guru, InsayaAlloh.
Nada    : Aku akan menjadi dokter, insyaAlloh

Pelajaran III

Al Arobiyah Baina Yadaika Juz I, hal. 141


Qosim    : Mau pergi ke mana wahai Utsman ?
Ghosan  : Aku mau pergi ke Sekolah.

Qosim    : Waktu masih pagi. Sekarang jam enam pagi.
Ghosan  : Sekolahan jauh dari rumah.

Qosim    : Kapan dimulai hari sekolah.
Ghosan  : Jam tujuh pagi.

Qosim    : Apakah kamu pergi dengan menggunakan bus?
Ghosan  : Tidak, aku pergi dengan mobil.

Qosim    : Kapan selesai hari belajar ?
Ghosan  : Habis jam satu dzuhur.

Qosim    : Berapa jam pelajaran kamu belajar setiap hari ?
Ghosan  :  Aku belajar enam jam.

Qosim    : Apa yang kamu kerjakan waktu istirahat?
Ghosan  : Aku pergi ke perpustakaan atau ke laboratorium.