Terjemah Percakapan Silsilah Bahasa Arab Baina Yadaika 04 : الحياة اليومية (Kehidupan Sehari-hari)

Hiwar atau percakapan bahasa Arab kali ini bertemakan Al Hayah Yaumiyyah atau dalam bahasa Indonesia berarti kehidupan sehari-hari. Silahkan ambil buku Silsilah Arabiyah Baina Yadaika anda dan bukalah halaman 71,72 dan 73. Selamat belajar !

Pelajaran Pertama- Berikut ini adalah percakapan yang terjadi antara dua siswa bernama Thoriq dan Adil. Dalam obrolannya kedua siswa ini saling menceritakan kegiatan yang sehari-hari dilakukan dirumah. Mulai bangun tidur, sholat subuh dan keberangkatan ke sekolah.


Kitab Silsilah Al Arabiyah baina Yadaika, Juz I-Hal. 71

Toriq    :Kapan kamu bangun ?
Tohir    :Saya bangun waktu fajar.

Toriq    :Di mana kamu sholat fajar (subuh) ?
Tohir    :Saya sholat fajar di masjid

Toriq    :Apakah kamu tidur selepas sholat ?
Tohir    :Tidak, aku tidak tidur slepas shoalat

Toriq    :Apa yang kamu kerjakan selepas sholat ?
Tohir    :Saya membaca Al qur'an

Toriq    :dan kapan kamu pergi ke sekolah ?
Tohir    :Saya pergi jam jam tujuh

Toriq    :Apakah kamu pergi naik mobil.
Tohir    :Tidak, aku pergi naik bus

========0o0======

Pelajaran Ke-dua - Hari libur bukan berarti hari tanpa aktifitas. Justeru bagi sebagian orang libur hanya bermakna meninggalkan rutinitas harian untuk sementara waktu dan menggantinya dengan rutinitas lain yang bermanfaat seperti keluarga dalam percakapan berikut:

Kitab Silsilah Al Arabiyah baina Yadaika, Juz I-Hal. 72
Ibu       :Ini hari libur.
Ayah    :Ini hari kerja.

Ayah    :Apa yang akan kamu kerjakan Toha ?
Toha    :Aku akan menyapu ruang tamu

Ibu       :dan apa yang akan kamu kerjakan Fatimah?
Fatima :Aku akan menyapu kamar tidur.

Ibu       :dan apa yang akan kamu kerjakan Ahmad ?
Ahmad :saya mau mencuci pakaian

Ibu       :Apa yang akan kamu lakukan Latifah?
Fatima :Aku akan menyetrika pakaian.

Nenek  :Aku akan mencuci piring.
Kakek  :Aku mau membaca Al quran


========0o0======

Pelajaran Ke-tiga -Hari libur merupakan hari yang ditunggu-tunggu semua orang. Masing-masing memiliki cara yang berbeda dalam mengisi hari libur. Slah satunya seperti yang ada pada percakapan bahasa Arab berikut.

Kitab Silsilah Al Arabiyah baina Yadaika, Juz I-Hal. 73
Adil       :Kapan kamu bangun ketika hari libur ?
Faishol  :Aku bangun awal

Faishol  :Kalau kamu kapan bangun ?
Adil       :Saya bangun terlambat

Faishol  :Apa yang kamu kerjakan di pagi hari ?
Adil       :Saya menonton TV. dan apa yang kamu kerjakan ?
Faishol  :Saya membaca koran atau buku.

Adil       :di mana kamu sholaj jum'at.
Faishol  :aku sholat jum'at di masjid agung.

Faishol  :di mana kamu sholat ?
Adil       :di masjid agung juga.