Manfaat dan Kegunaan Cermin Cekung dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah pembahasan tentang hal-hal yang masih terkait dengan cermin cekung diantaranya adalah manfaat dan kegunaan cermin cekung.

Cermin Cekung

Dalam optik yang paling sederhana adalah cermin. Cermin merupakan benda yang dapat memantulkan bayangan dari beda yang ada secara sempurna.

Dahulu ribuan tahun yang lalu cermin sudah dikenal, bermula dari sebuah batu yang mengkilap. Cermin sendiri terbagi kedalam 3 jenis yaitu cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung.

Dari namanya kita sudah dapat membayangkan rupa dari cermin ini. Benar, cermin ini berbentuk cekung atau melengkung ke dalam. Cermin ini memiliki nama lain yaitu Konkaf.

Ciri – ciri dari cermin ini adalah mengumpulkan sinar cahaya dan bersifat dua macam yaitu maya dan nyata tergantung pada jarak dan letak benda atau objek yang ditaru di deoan cermin tersebut.

Manfaat dan Kegunaan cermin cekung

Manfaat dan Kegunaan Cermin Cekung
Gambar: Manfaat dan Kegunaan Cermin Cekung
  1. Sebagai reflektor lampu mobil, lampu baca dan lain-lain.
  2. Sebagai reflektor slide proyektor dan bioskop.
  3. Sebagai reflektor tungku matahari.
  4. Untuk memeriksa lubang gigi yang sakit.
  5. Pada alat mikroskop bagian bawahnya terdapat cermin cekung

Cermin Cekung juga merupakan hasil dari pemantulan cahaya. Hal ini menjadikan Cermin Cekung disebut Konvergen atau mengumpulkan sinar. 

Berbeda dengan Cembung, Cermin Cekung dapat memantulkan cahaya sejajar pada titik fokus seperti Cermin Datar. Cermin Cekung sendiri yang paling mudah terdapat pada lekukan sendok makan. 

Dan sebaliknya, bagian cembung pada sendok makan adalah Cermin Cembung. Semoga penjelasan mengenai Cermin Cekung ini dapat menambah pemahaman terhadap pelajaran mengenai Cermin Cekung.

Manfaat cermin cekung dapat disimpulkan tergantung pada letak benda terhadap titik fokus. Sebagian besar Cermin Cekung yang sejajar dengan titik fokus memiliki manfaat untuk mengumpulkan cahaya dan memantulkannya.