Organisasi Pergerakan Nasional, Budi Utomo, Berdiri Dan Tujuan Didirikan Budi Utomo

Berikut adalah pembahasan tentang: Organisasi pergerakan nasional, Budi Utomo, organisasi budi utomo, tujuan didirikan Budi Utomo, pendiri budi utomo, lahirnya budi utomo, biodata budi utomo, pergerakan budi utomo, budi utomo didirikan pada tanggal, budi utomo berdiri pada tanggal, Perkembangan Budi Utomo

Budi Utomo

Budi Utomo didirikan tanggal 20 Mei 1908 oleh dr. Wahidin Sudirohusodo dan Sutomo, seorang pelajar STOVIA (Sekolah Dokter Jawa) di Jakarta. 

Pergerakan Budi Utomo

Pada awal perkembangannya, Budi utomo merupakan organisasi pelajar dengan pelajar STOVIA sebagai intinya. Namun, setelah kongresnya yang pertama pada Bulan Oktober 1908, Budi Utomo berubah haluan menjadi organisasi yang keanggotaannya terdiri dari para pegawai negeri dan priyayi yang berasal dari suku Jawa dan Madura.
Organisasi pergerakan nasional, Budi Utomo, organisasi budi utomo, tujuan didirikan Budi Utomo, pendiri budi utomo, lahirnya budi utomo, biodata budi utomo, pergerakan budi utomo, budi utomo didirikan pada tanggal, budi utomo berdiri pada tanggal, Perkembangan Budi Utomo
Gambar: Budi Utomo

Tujuan Didirikan Budi Utomo

Ditegaskan pula dalam kongres tersebut bahwa Budi Utomo hanya bergerak dalam bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan.

Dalam anggaran dasarnya yang disetujui pemerintah pada tanggal 28 Desember 1908, Budi utomo bertekad untuk memajukan bangsa dan nusa Jawa dan Madura serta memberikan bantuan kepada orang-orang yang yang mempeunyai tujuan yang sama.