Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Pasar Monopoli Dan Pasar Oligopoli

Berikut adalah pembahasan tentang: Pasar persaingan tidak sempurna, pengertian pasar persaingan tidak sempurna, pasar monopoli, pengertian pasar monopoli, contoh pasar monopoli, monopoli alamiah, monopoli masyarakat, oligopoli, pasar oligopoli, pengertian pasar oligopoli, contoh pasar oligopoli, dan ciri-ciri pasar oligopoli.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar yang tidak memenuhi ciri-ciri pasar persaingan sempurna. Jika seorang penjual dapat memengaruhi harga pasar, maka tempat penjual tersebut adalah pasar bukan persaingan sempurna. 

Bentuk Pasar Persaingan Tidak Sempurna


Bentuk pasar bukan persaingan sempurna terdiri atas berikut ini.

a. Pasar Monopoli

Pasar monopoli, yaitu suatu pasar dengan hanya ada satu penjual yang menguasai pasar. 
Penjual ini menghasilkan barang yang tidak diproduksi penjual lain, sehingga bebas menentukan harga. Sekarang ini perusahaan atau penjual yang murni bersifat monopoli sangat jarang ditemui, karena di dalam pasar selalu ada persaingan.
Contoh dari perusahaan yang memegang monopoli adalah Pertamina yang memegang monopoli pasar bahan bakar minyak di Indonesia.

Baca juga: Pengertian Pasar, Peranan Pasar Dan Fungsi Pasar


Monopoli bisa dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut.

1) Monopoli alamiah

Monopoli ini timbul karena faktor alam yang khas, maka daerah tersebut menguasai pasar penjualan barang-barang yang dihasilkan dari daerah tersebut.
Contohnya, apel dimonopoli oleh Malang, karena buah apel banyak tumbuh di daerah Malang, Jawa Timur.

2) Monopoli masyarakat

Monopoli ini timbul karena kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan, sehingga perusahaan tersebut mampu menguasai pasar.

3) Monopoli undang-undang

Monopoli ini timbul karena adanya kebijakan atau peraturan pemerintah, misalnya hak paten, hak cipta, dan lain-lain.

b. Pasar Oligopoli

Jadi, pasar oligopoli hanya terdiri dari sekelompok kecil perusahaan atau penjual. Dalam pasar oligopoli biasanya satu perusahaan atau penjual yang menguasai sebagian besar pasar dan sebagian lagi beberapa perusahaan kecil.
Contoh pasar oligopoli adalah pasar jasa operator telepon seluler yang dikuasai oleh Telkomsel, Satelindo, dan Indosat.
Contoh lainnya adalah pasar kendaraan bermotor yang dikuasai Honda, Suzuki, dan Yamaha.

Ciri-ciri pasar oligopoli, yaitu:

  1.     terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar;
  2. barang yang diperjualbelikan hampir sama, namun memiliki perbedaan dalam hal corak dan merek;
  3. terdapat hambatan bagi penjual baru yang masuk ke pasar untuk ikut bersaing;
  4. di antara para oligopolis terdapat satu penjual yang berperan sebagai pemimpin harga (price leader). 
Contohnya, Aqua adalah price leader dalam pasar minuman mineral dengan menguasai pangsa pasar minuman mineral yang lebih besar.