Pengertian Penawaran, Hukum Penawaran, Faktor Penawaran, Dan Kurva Penawaran

Berikut adalah pembahasan tentang: Pengertian penawaran, faktor yang mempengaruhi penawaran, faktor penawaran, hukum penawaran, bunyi hukum penawaran, kurva penawaran, contoh penawaran.

Pengertian Penawaran

Setelah kamu memperoleh penjelasan tentang permintaan dan hal-hal yang berkaitan dengan permintaan, tiba saatnya kita membahas tentang penawaran (supply). Apakah yang dimaksud dengan penawaran?

Tentu kamu pernah melihat pedagang asongan yang menjajakan dagangannya di lampu merah atau kamu melihat para pedagang yang menjajakan dagangannya di pasar.  Menurut kamu apakah mereka sedang melakukan kegiatan penawaran? Jadi, apakah penawaran itu?
Dalam ilmu ekonomi, penawaran diartikan sebagai sejumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga selama periode tertentu.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Penawaran terhadap suatu barang banyak dipengaruhi oleh berbagai hal, di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Harga barang itu sendiri

Apabila harga suatu barang naik, produsen akan menaikkan jumlah barang yang dihasilkannya. Hal ini akan membawa kita pada hukum penawaran yang menjelaskan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang tersebut.

b. Harga barang lain yang terkait

Harga barang lain yang terkait maksudnya adalah harga barang substitusi dan harga barang komplementer. Apabila harga barang substitusi naik, penawaran suatu barang akan bertambah. Begitu juga sebaliknya, sementara jika harga barang komplementer naik, penawaran akan suatu barang akan berkurang.

c. Harga faktor produksi

Pada jumlah anggaran yang tetap, kenaikan harga faktor produksi, seperti tingkat upah, harga bahan baku, atau kenaikan tingkat bunga modal akan menyebabkan perusahaan memproduksi output-nya lebih sedikit. Hal ini tentu saja menyebabkan penawaran barang tersebut berkurang.

d. Biaya produksi

Apabila  biaya produksi suatu barang naik, perusahaan akan mengurangi produksinya pada tingkat jumlah anggaran yang tetap. Oleh karena itu, menurunnya tingkat produksi ini tentu saja menyebabkan penawaran barang tersebut berkurang.

e. Teknologi produksi

Adanya kemajuan pada teknologi produksi dapat menyebabkan penurunan biaya produksi dan dapat menciptakan barang-barang baru. Dengan demikian, kemajuan teknologi ini dapat mendorong bertambahnya penawaran terhadap suatu barang.

f. Jumlah pedagang atau penjual

Apabila jumlah pedagang atau penjual suatu barang semakin banyak, secara otomatis jumlah barang yang ditawarkan pun akan semakin bertambah.

Hukum Penawaran

Sama halnya seperti hukum permintaan, hukum penawaran pun menunjukkan hubungan antara tingkat harga dengan jumlah barang. Hanya saja, yang dimaksud dengan jumlah barang di sini adalah jumlah barang yang ditawarkan.

Dapatkah kamu menyebutkan bunyi hukum penawaran? Berikut ini merupakan bunyi hukum penawaran:
“Jika harga suatu barang naik, jumlah barang yang ditawarkan akan naik, sebaliknya jika harga suatu barang turun, jumlah barang yang ditawarkan pun akan turun.”
Pada bahasan sebelumnya kamu telah memperoleh penjelasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi penawaran. Adapun hukum penawaran hanya menjelaskan hubungan antara tingkat dan jumlah barang yang ditawarkan.

Oleh karena itu, hukum penawaran berlaku dengan asumsi ceteris paribus, yaitu faktor-faktor lain selain harga dianggap konstan.

Kurva Penawaran

Sama halnya dengan permintaan, penawaran pun dapat dinyatakan dalam bentuk  tabel, grafis dan matematis. Kurva penawaran merupakan kurva yang menunjukkan hubungan antara tingkat harga dan jumlah barang yang ditawarkan. Perhatikan tabel berikut ini.
Gambar: Tabel Penawaran

Berdasarkan tabel tersebut dapat dilihat bahwa turunnya harga beras cianjur menyebabkan penawaran terhadap beras cianjur pun mengalami penurunan. Tentang penawaran beras cianjur ini dapat kita buat kurva penawarannya, yaitu sebagai berikut:
Gambar: Kurva Penawaran Beras Cianjur

Bentuk kurva penawaran bisa berbentuk garis lurus atau melengkung. Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Hal ini menujukkan bahwa hubungan antara tingkat harga dan jumlah barang yang ditawarkan positif.

Artinya, jika harga naik, jumlah barang yang ditawarkan akan naik.
Fungsi penawaran merupakan penawaran yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan asumsi ceteris paribus.

Baca juga: Pengertian Permintaan, Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan, Hukum Permintaan Dan Kurva Permintaan