Pengertian Tanda Kurung, Penggunaan, Macam Dan Contohnya Menurut EYD

Berikut adalah pembahasan tentang tentang : Tanda Kurung, penggunaan tanda kurung, pengertian tanda kurung, Tanda Kurung Siku, penggunaan tanda kurung siku.

Tanda Kurung ( (...) )

Pengertian Tanda Kurung

Tanda kurung adalah tanda baca yang digunakan secara berpasangan (kurung buka dan kurung tutup) untuk memisahkan atau menyisipkan teks ke dalam teks lain.

  1. Tanda kurung mengapit tambahan keterangan. Contoh: Bagian Perencanaan sudah selesai menyusun DIK (Daftar Isian Kegiatan) kantor itu.
  2. Tanda kurung mengapit keterangan yang bukan merupakan bagian pokok pembicaraan. Contoh: Keterangan itu (lihat Tabel 9) menunjukkan arus perkembangan.
  3. Tanda kurung mengapit huruf atau kata yang di dalam teks dapat dihilangkan. Contoh: Orang itu berasal dari (negara) Jerman.
  4. Tanda kurung mengapit angka atau huruf yang memerinci satu urutan keterangan. Contoh: Faktor produksi menyangkut masalah (a) alam, (b) tenaga kerja, dan (c) modal.

Tanda Kurung, penggunaan tanda kurung, pengertian tanda kurung, Tanda Kurung Siku, penggunaan tanda kurung siku.

Tanda Kurung Siku ([...])


  1. Tanda kurung siku mengapit huruf, kata sebagai koreksi atau tambahan pada kalimat yang ditulis orang lain. Contoh: Sang Sapurba men[d]engar bunyi itu.
  2. Tanda kurung siku mengapit keterangan dalam kalimat penjelas yang sudah bertand kurung. Contoh: Persamaan kedua proses ini (perbedaannya [lihat halaman 41-43] tidak dibicarakan) perlu dibentangkan di sini.