Alat-alat optik, Mata Dan Macam-macam Kelainan Mata

Berikut adalah pembahasan tentang: Alat-alat optik, Mata, pengertian daya akomodasi, akomodasi mata, titik dekat mata disebut, titik jauh mata disebut, emotrapi adalah, jarak pandang mata normal, macam-macam kelainan mata, macam-macam cacat mata, pengertian miopi, miopi adalah,
hipermetropi adalah, pengertian hipermetropi, pengertian presbiopi, ptesbiopi adalah.

Alat-alat Optik

A. MATA

Mata normal dapat melihat benda dekat dan jauh, hal ini karena mata mempunyai daya akomodasi.
  1. Daya akomodasi adalah kemampuan mata untuk mencembung atau memipihkan lensanya sesuai dengan jarak benda.
  2. Titik dekat mata (punctum proximum = PP adalah jarak terdekat mata sehingga benda masih dapat terlihat dengan jelas dengan mata berakomodasi maksimum.
  3. Titik jauh mata (punctum remotum = PR) adalah jarak terjauh mata sehingga benda masih terlihat dengan jelas dengan mata tidak berakomodasi maksimum.
  4. Emetropi adalah mata normal yang masih dapat melihat jelas benda antara 25 cm sampai tak terhingga (~).

Untuk mata normal:

PP = 25 cm, sedangkan PR = (tak terhingga).

Macam-macam Kelainan Mata

Cacat mata/kelainan pada mata, yaitu:
  1. Miopi (rabun jauh): cacat mata yang menyebabkan tidak dapat melihat jauh, karena bayangan benda jatuh di depan retina. Penderita miopi dapat ditolong dengan kacamata negatif (cekung).
  2. Hipermetropi (rabun dekat): cacat mata yang tidak dapat melihat benda dekat, akibatnya bayangan terbentuk di belakang retina, sehingga tampak kurang jelas. Penderita hipermetropi dapat ditolong dengan kacamata positif (cembung).
  3. Presbiopi (mata tua): cacat mata yang disebabkan menurunnya daya akomodasi mata karena usia lanjut. Penderita presbiopi dapat ditolong dengan kacamata berlensa rangkap (bifocal).
Rumus:

Keterangan:
P = kekuatan lensa dengan satuan miopi
PR = titik jauh mata
PP = titik dekat mata penderita