Terjemah Percakapan Bahasa Arab Kitab Baina Yadaika 06 : الصلاة ( Sholat )

Hiwar atau percakapan bahasa Arab kali ini bertemakan As Sholah atau dalam bahasa Indonesia berarti Sholat
Pada bab ini kita akan belajar bercakap-cakap tentang sholat. Tapi jangan salah, pembahasan kali ini bukan seperti pembahasan fiqih yang mengulas tata cara sholat dari mulai taharah sampai dzikir setelah sholat. Kali ini sobat hanya akan disuguhkan percakapan ringan seputar persiapan sholat dan dimana kita sholat.  Silahkan ambil buku Silsilah Arabiyah Baina Yadaika anda dan bukalah halaman 95,96 dan 97. Selamat belajar !

Pelajaran I

Arobiyah Baina Yadaika , Juz I Hal.117

Mushtofa : Di mana kamu sholat lima waktu ?
Qushoi     : Aku sholat dzuhur, ashar , maghrib dan isya' di Masjid Bilal.

Mushtofa : Dan dimana kamu sholat subuh ?
Qushoi     : Saya sholat subuh di rumah.

Mushtofa : Kenapa kamu sholat subuh di rumah ?
Qushoi     : Saya tidak mendengar adzan.

Mushtofa : Apakah kamu bangun terlambat ?
Qushoi     : Iya, selepas waktu sholat subuh.

Mushtofa : Bangunlah di awal waktu.
Qushoi     : Tidak bisa, aku kerja di malam hari.

Mushtofa : Letakkan alarm di sampingmu !
Qushoi     : Ini ide yang bagus
                   Jazakallohu Khoiron ( semoga Alloh membalasmu dengan balasan yang baik)


Pelajaran II

Arobiyah Baina Yadaika , Juz I Hal.118


Sholih    :  Asalamualaikum
Ishom    : Wa Alaikum Salam

Ishom    : Saya akan bersafar ke Mekah. Kemana anda akan bersafar ?
Sholih    : Saya akan bersafar ke Madinah.

Sholih    : Kenapa anda akan bersafar ke Makkah ?
Ishom    : Untuk sholat di Masjidil Haram

Ishom    : Dan kenapa (juga) anda akan bersafar ke Madinah ?
Sholih    : Untuk sholat di Masjid Nabawi

Sholih    : Di mana kamu sholat jum'at ?
Ishom    : Di Masjidil Haram, InsyaAlloh.

Ishom    : Dan di mana kamu sholat jum'at ?
Sholih    : Di Masjid Nabawi, InsyaAlloh.

Pelajaran III

Arobiyah Baina Yadaika , Juz I Hal.119

Shodiq    : Ini adzan ashar.
Shobir    : Mari kita ke masjid

Shodiq    : Aku mau sholat di tumah.
Shobir    : Sholatlah di masjid !

Shodiq    : Masjid jauh
Shobir    : Masjid dekat.

Shobir    : Apakah kamu sakit ?
Shodiq    : Tidak, aku baik-baik saja.

Shobir    : Kamu malas.
Shodiq    : benar, Sorry

Shobir    : Aku pergi ke masjid
Shodiq    : Tunggu, aku ikut bersamamu