Definisi dan Pengertian Adaptasi serta Macam-macam Jenis Adaptasi

Berikut ini adalah  pembahasan tentang definisi adaptasi, pengertian adaptasi, macam macam adaptasi, jenis jenis adaptasi (adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku).

Di alam bebas kelangsungan hidup makhluk hidup mengalami berbagai tantangan seperti adanya perubahan musim, bencana alam atau persaingan sesamanya. Pernahkah kamu perhatikan tumbangnya pohon karena angin puting beliung?

Pernahkah kamu menjumpai hewan mati karena kesulitan mendapatkan air di musim kemarau? Pernahkah kamu mengamati tikus mati karena diterkam kucing?

Apakah setiap makhluk hidup ingin mempertahankan kelansungan hidupnya? Tentu, berbagai cara mereka lakukan, seperti menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, persaingan antar jenis, ataupun memperbanyak diri.

Pengertian Adapatasi

Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap makhluk hidup memerlukan tempat hidup yang sesuai agar dapat melaksanakan fungsi hidupnya dengan baik. Tempat atau lingkungan suatu makhluk hidup biasa ditemukan disebut habitat.

Habitat dapat juga disebut sebagai alamat suatu makhluk hidup. Dengan mengetahui habitat atau alamat suatu makhluk hidup, maka kita dapat dengan mudah mencari makhluk hidup yang bersangkutan.

Namun, kadang-kadng dalam lingkungan yang berbeda kita tetap dapat menemukan makhluk hidup sejenis. Hal ini dapat terjadi karena makhluk hidup tersebut berhasil menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berbeda.
Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya disebut adaptasi.
Dengan kemampuan adaptasi itu maka setiap makhluk hidup dapat mengikuti perubahan yang terjadi di ligkungannya. Pada umumnya, suatu makhluk hidup yang telah beradaptasi pada lingkungan tertentu akan sulit dipindahkan ke lingkungan lain yang berbeda.

Di atas telah dijelaskan bahwa adaptasi adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan. Artinya, pada makhluk hidup yang telah beradaptasi tersebut terjadi perubahan bentuk tubuh sehingga menjadi sesuai dengan lingkungannya.

Perubahan bentuk tubuh dapat berarti perubahan warna, bentuk, dan adanya pengurangan bagian atau penambahan bagian tubuh. Untuk beberapa jenis makhluk hidup, perubahan tersebut dapat berupa perubahan tingkah laku.
Definisi dan Pengertian Adaptasi serta Macam-macam Jenis Adaptasi
Gambar: Contoh Adaptasi Makhluk Hidup

Macam-macam Jenis Adaptasi

Bagaimana cara makhluk hidup beradaptasi untuk mempertahankan hidup?

Cara adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya bermacam-macam. Secara garis besarnya, kita mengenal ada tiga macam adaptasi. Bentuk adaptasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh atau alat-alat tubuh terhadap lingkungannya.

2. Adaptasi fisiologi merupakan penyesuaian fungsi alat-alat tubuh terhadap keadaan lingkungan.

3. Adaptasi tingkah laku merupakan penyesuaian diri terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku.