Pembahasan Lengkap Partikel Dalam Bahasa Indonesia, ( Partikel Pun, Kah, Tah, Lah) Disertai Dengan Contohnya

Berikut adalah pembahasan tentang: Partikel dalam bahasa indonesia, contoh kalimat partikel, kata partikel, partikel pun, partikel lah, contoh kata partikel, contoh partikel, pengertian partikel, pengertian partikel dalam bahasa indonesia, partikel bahasa indonesia, arti partikel.

Partikel

Pengertian Partikel 

Partikel adalah kata tugas yang dalam ucapan tidak memiliki tekanan dan tidak merupakan kata karena tidak dapat berdiri sendiri, seperti: –lah, -kah, -tah, pun.

a. Partikel –lah

Dalam kalimat perintah, -lah dipakai untuk menghaluskan nada perintah. Dalam kalimat berita, -lah dipakai untuk ketegasan. Contoh: Pergilah sekarang, sebelum Ayah memarahimu! (kalimat perintah)

b. Partikel –kah

  1. Digunakan untuk mengubah kalimat berita menjadi kalimat pertanyaan. Contoh: Dia yang akan pergi. (kalimat berita) Diakah yang akan pergi? (pertanyaan)
  2. Partikel –kah membuat kalimat pertanyaan menjadi lebih formal dan halus. Contoh: Apa Ayahmu sudah pulang? Apakah Ayahmu sudah pulang?
  3. Digunakan untuk memperjelas kalimat pertanyaan jika dalam kalimat tersebut tidak terdapat tanda tanya. Contoh: Harus aku yang pergi? Haruskah aku yang pergi?

Partikel dalam bahasa indonesia, contoh kalimat partikel, kata partikel, partikel pun, partikel lah, contoh kata partikel, contoh partikel, pengertian partikel, pengertian partikel dalam bahasa indonesia, partikel bahasa indonesia, arti partikel.
Kata Sandang


c. Partikel –tah

Digunakan dalam kalimat pertanyaan yang tidak mengharapkan jawaban. Contoh: Siapatah orangnya yang mau peduli padaku?

d. Partikel pun

  1. Dipakai dalam kalimat berita. Pun digunakan untuk mengeraskan arti kata. Contoh: Kami pun mau menerimanya.
  2. Pun sering digunakan bersama –lah untuk menandakan proses mulai terjadi. Contoh: Tidak lama kemudian, hujan pun turunlah dengan deras.