Terjemah Percakapan Bahasa Arab Baina Yadaika 05 : الطعام و الشرب ( Makanan dan Minuman)

Hiwar atau percakapan bahasa Arab kali ini bertemakan At Tho'am Wa Syarob atau dalam bahasa Indonesia berarti Makanan dan Minuman.

Pada bab ini kita akan dikenalkan dengan beberapa jenis makanan dan minuman sekaligus waktu makan dan bagaimana cara menawarkan makanan kepada orang lain. Silahkan ambil buku Silsilah Arabiyah Baina Yadaika anda dan bukalah halaman 95,96 dan 97. Selamat belajar !

Pelajaran I

Arobiyah Baina Yadaika , Juz I Hal. 95
Arobiyah Baina Yadaika , Juz I Hal. 95


Qosim    : Berapa kali kamu makan setiap hari ?
Salim     : Aku makan tiga kali: makan pagi,siang dan malam.

Qosim    : Ini banyak sekali, saya makan satu kali
Salim     : ini sedikit sekali

Qosim    : Apa yang kamu makan saat makan siang ?
Salim     : Aku makan daging, ayam, nasi dan roti.
                dan apa yang kamu makan ?

Qosim    : Aku makan ikan, salat dan buah.
Salim     : Berapa berat badanmu?

Qosim    : 60 Kg
                 dan berapa berat badanmu ?
Salim     : 100 Kg

 Pelajaran II

Arobiyah Baina Yadaika , Juz I Hal. 95
Arobiyah Baina Yadaika , Juz I Hal. 96


Pramugari : Makanan apa yang anda minta ?
Musafir      : Beberapa ikan dan nasi.

Pramugari : Dan minuman apa yang kamu minta ?
Musafir      : Air putih

Pramugari : Buah apa yang anda pilih ?
Musafir      : Kurma atau anggur

Pramugari : Apakah anda minum teh ?
Musafir      : Tidak, saya lebih memilih kopi.

Pramugari : Apakah kopinya ditambah susu ?
Musafir      : Ya, kopinya ditambah susu.

Musafir      : Terima kasih
Pramugari : Sama-sama.

Pelajaran III

Arobiyah Baina Yadaika , Juz I Hal. 97
Arobiyah Baina Yadaika , Juz I Hal. 97


Suami    : Asalamualaikum
Istri       : Wa Alaikum Salam

Suami    : Saya lapar sekali.
Istri       : Makan siang ada di atas meja makan.

Suami    : Apa ini, ada ikan, daging, ayam, nasi dan buah. Ini banyak sekali !
Istri       : Jangan dimakan....Jangan dimakan....!

Suami    : Kenapa ? Aku lapar.
Istri       : Kita punya tamu.

Suami    : Kita punya tamu ? Siapa ?
Istri       : Ayah dan ibuku

Suami    : mana tamunya.
Istri       : di ruang tamu