Pengertian dan Fungsi Keping Darah (Trombosit) pada Proses Pembekuan Darah

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian trombosit, fungsi trombosit, pengertian keping darah, fungsi keping darah, proses pembekuan darah, trombosit normal, mekanisme pembekuan darah, menaikkan trombosit, trombositopenia, trombosit demam berdarah, meningkatkan trombosit.

Pengertian Trombosit (keping-keping darah)

Trombosit atau keping darah mempunyai bentuk cakram kecil bulat atau oval. Ukurannya lebih kecil dari ukuran sel darah merah dan tidak berinti. Trombosit dibuat di dalam sumsum tulang yang disebut megakariosit.
Trombosit adalah keping-keping darah yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan eritrosit (sel darah merah) dan leukosit (sel darah putih).
Trombosit orang dewasa berjumlah lebih kurang 200.000 sampai 500.000 untuk setiap mm3 darah.

Mekanisme Proses Pembekuan Darah

Trombosit berperan dalam proses pembekuan darah. Apabila tubuh terluka, darah akan keluar, bersamaan dengan itu trombosit ikut keluar dan menyentuh dinding bekas luka yang kasar.

Trombosit pecah dan keluarlah enzim tromboplastin atau trombokinase. Enzim ini kemudian bercampur dengan plasma darah yang mengandung protrombin. Protrombin yang terkena enzim trombokinase akan berubah menjadi trombin.

Trombin yang aktif ini bersama-sama ion kalsium yang ada dalam plasma akan mengubah fibrinogen dalam plasma menjadi benang-benang fibrin yang dapat mencegah keluarnya darah, darah membeku dan luka tertutup.
Pengertian dan Fungsi Keping Darah (Trombosit) pada Proses Pembekuan Darah
Gambar: Proses Pembekuan Darah

Keterangan:

a. Trombosit berkumpul di tempat pembuluh darah yang terluka dan sel darah merah mengalir ke luar.

b. Trombosit kemudian membentuk tutup pada lubang luka. Trombosit mengeluarkan zat kimia yang mengubah fibrinogen menjadi fibrin.

c. Fibrin membentuk serat mirip jarum yang berjalinan dan menangkap trombosit serta sel darah lainnya sehingga menciptakan gumpalan dan luka tertutup.
Pengertian dan Fungsi Keping Darah (Trombosit) pada Proses Pembekuan Darah
Skema pembekuan darah
Demikian tentang pengertian trombosit, fungsi trombosit, pengertian keping darah, fungsi keping darah, proses pembekuan darah, trombosit normal, mekanisme pembekuan darah, menaikkan trombosit, trombositopenia, trombosit demam berdarah, meningkatkan trombosit.