Pengertian dan Rumus Efisiensi Trafo (Transformator) serta Contoh Soalnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian efisiensi trafo, pengertian efisiensi transformator, rumus efisiensi transformator, rumus efisiensi trafo, contoh soal efisiensi transformator, contoh soal efisiensi trafo.

Pengertian Efisiensi Transformator

Apabila kamu memanaskan air, apakah sama antara jumlah air sebelum dipanaskan dan sesudah dipanaskan? Tentu tidak sama, mengapa demikian? Karena sebagian air akan menjadi uap air yang menghasilkan energi panas.

Demikian pula halnya yang terjadi pada trafo. Energi listrik yang keluar dari trafo akan lebih kecil daripada energi yang masuk ke dalam trafo.

Perbedaan tersebut akibat adanya perubahan energi listrik menjadi energi panas. Energi panas berupa kalor ini tidak dapat dihindarkan dan akan selalu ada setiap kali trafo menghasilkan energi listrik. Terbukti bila trafo diraba akan terasa hangat.
Efisiensi transformator didefinisikan sebagai perbandingan antara daya listrik keluaran dengan daya listrik yang masuk pada transformator.
Peristiwa tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.
Energi listrik masuk = energi listrik keluar + kalor
Sebagaimana dikemukakan sebelumnya, daya listrik yang masuk sama dengan daya yang keluar dari trafo, berarti trafo tidak mengubah daya listrik.

Akan tetapi pada kenyataannya energi yang masuk tidak sama dengan energi yang keluar, berarti daya yang masuk tidak sama dengan daya yang keluar.

Rumus Efisiensi Trafo

Perbandingan antara daya keluaran dengan daya masukan yang dinyatakan dalam persen disebut efisiensi transformator ditulis dengan h, dan dituliskan dengan rumus:


Dimana:
η    = efisiensi transformator
Vs  = tegangan sekunder (V)
Vp = tegangan primer (V)
Ip   = kuat arus primer (A)
Is   = kuat arus sekunder (A)

Apabila energi listrik yang berubah menjadi kalor sebesar 10% dari energi masukan, maka efisiensi trafonya 90%.

Contoh Soal Efisiensi Trafo

1. Sebuah transformator dengan lilitan kumparan primernya 2000 dan lilitan kumparan sekundernya 1000 mempunyai efisiensi 80%. Daya yang dipasang pada kumparan primer 3000 Watt. Hitunglah daya pada kumparan sekundernya!

Penyelesaian

Diketahui :
np = 2000
Ns = 1000
η = 80%
Pp = 3000 Watt

Ditanya : Ps?

Jawab:

2. Sebuah transformator step-up mengubah tegangan 40 Volt menjadi 300 Volt. Jika efisiensi transformator itu 90% dan kumparan sekunder dihubungkan dengan alat listrik 300 Volt, 90 Watt, maka hitunglah!
a. Daya pada kumparan primernya?
b. Kuat arus pada kumparan primernya?

Penyelesaian

Diketahui :
Vp = 40 Volt
Vs = 300 Volt
η = 90%
Ps = 90 Watt

Ditanya :
a. Ps = …?
b. i = …?

Jawab :

Demikian pembahasan tentang efisiensi trafo, pengertian efisisensi trafo dan rumus serta dilengkapi dengan contoh soal trafo.