Pengetian Atlas Dan Komponen-komponen Atlas

Atlas adalah kumpulan peta yang dibuat dalam bentuk buku. Atlas yang baik mudah dimengerti dan tidak membingungkan bagi pengguna.

Pengertian Atlas

Atlas adalah kumpulan peta yang dibuat dalam bentuk buku. Atlas yang baik mudah dimengerti dan tidak membingungkan bagi pengguna. 

Agar atlas menjadi baik paling tidak memuat komponen-komponen
berikut ini.

a. Judul Atlas

Judul atlas diletakkan di halaman sampul dan harus berhubungan dengan isi atlas. Sebagai contoh, atlas Indonesia karena judulnya. Atlas Indonesia‰, maka atlas tersebut antara lain memuat peta provinsiprovinsi di Indonesia.
altas, pengertian atlas, komponen komponen atlas, unsur unsur atlas, peta atlas
Gambar: Contoh Buku Atlas

b. Tahun Pembuatan Atlas

Tahun pembuatan atlas yang berbeda akan menyajikan informasi yang berbeda pula, terutama yang berhubungan dengan data yang sifatnya dinamis. Tahun pembuatan atlas biasanya ditulis setelah nama penerbit, misalnya Atlas Nusantara, diterbitkan oleh PT XYZ, 2000.

c. Daftar Isi

Daftar isi menunjukkan judul-judul peta dan halamannya yang ada dalam atlas. Daftar isi memudahkan pengguna dalam mencari peta yang dibutuhkan.

d. Legenda (Kumpulan Simbol Peta)

Legenda digunakan untuk menunjukkan arti simbol yang digunakan pada peta. Legenda biasanya diletakkan di halaman awal sebelum peta-peta pokok.

e. Indeks

Indeks berguna untuk memudahkan dalam mencari letak sebuah kota, gunung, pulau, sungai atau unsur-unsur geografi yang lain. Unsurunsur geografi tersebut disusun dalam kelompok-kelompok tertentu,misalnya ada kelompok kota, kelompok gunung, kelompok pulau, kelompok danau, dan kelompok laut. Akan tetapi, ada pula penulisan nama-nama unsur geografi tersebut diurutkan sesuai dengan abjadnya.