Pembahasan Lengkap Mobilitas Penduduk, Berikut Juga Imigrasi, Urbanisasi, Dan Emigrasi

Berikuta adalah pembahasan tentang: Mobilitas penduduk, pengertian mobilitas penduduk, pengertian migrasi, jenis-jenis migrasi, faktor migrasi, Migrasi internasional, imigrasi, emigrasi, remigrasi, pengertian emigrasi, pengertian remigrasi, Migrasi Nasional, Urbanisasi, pengertian urbanisasi, faktor-faktor urbanisasi.

Mobilitas Penduduk

Menarik dan membantu memudahkan dalam memahaminya. Peta yang menyajikan informasi tentang kependudukan disebut peta tematik.

Pengertian, Jenis, dan Faktor-Faktor Migrasi

Tahukah kamu apa artinya migrasi?
Mengapa orang melakukan migrasi?
Bagaimana dampak dari migrasi itu sendiri?
Mobilitas penduduk dapat diartikan sebagai perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain. 
Lengkapnya, migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain di lokasi geografis yang berbeda dengan tujuan menetap. 
Setiap terjadi migrasi mengakibatkan terjadinya perubahan tempat tinggal dari suatu lokasi geografis tertentu ke lokasi geografis lainnya. Migrasi tidak hanya bermakna perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain, tetapi perpindahan dalam suatu negara pun dimaknai migrasi.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut ini yang akan menguraikan tentang jenis-jenis migrasi.

Pembagian Migrasi 

Berdasarkan ruang gerak atau jangkauannya, migrasi dapat dibagi atas dua jenis, yaitu sebagai berikut.

a. Migrasi internasional 

Migrasi internasional yaitu perpindahan penduduk antara satu negara dan negara lainnya. Migrasi internasional dapat dibedakan atas tiga macam yaitu sebagai berikut.
  1. Imigrasi yaitu masuknya penduduk dari negara lain ke dalam suatu negara. Orang-orang yang melakukan imigrasi disebut imigran. Contohnya, orang-orang Thailand,  Hong Kong, dan Malaysia yang datang ke Indonesia untuk bekerja. 
  2. Emigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari dalam satu negara ke negara lain. Contohnya, penduduk Indonesia yang pergi ke Timur Tengah untuk bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI).
  3. Remigrasi atau repatriasi yaitu perpindahan penduduk dari suatu negara kembali ke negaranya sendiri. Remigrasi sering juga disebut kembali ke tanah air. Contohnya, penduduk Indonesia yang bekerja di Timur Tengah, ataupun mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Mesir kembali ke tanah air.
Mobilitas penduduk, pengertian mobilitas penduduk, pengertian migrasi, jenis-jenis migrasi, faktor migrasi, Migrasi internasional, imigrasi, emigrasi, remigrasi, pengertian emigrasi, pengertian remigrasi, Migrasi Nasional, Urbanisasi, pengertian urbanisasi, faktor-faktor urbanisasi.
Gambar: Urbanisasi

b) Migrasi Nasional 

Migrasi Nasional yaitu perpindahan penduduk di dalam satu negara. Migrasi nasional terdiri atas beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

c). Urbanisasi

Urbanisasi yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan menetap. Terjadinya urbanisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:
  1. ingin mencari pekerjaan karena di kota lebih banyak lapangan kerja;
  2. ingin melanjutkan pendidikan karena di kota banyak sekolah jenjang tinggi; 
  3. ingin mencari pengalaman baru di kota;
  4. ingin mendapatkan lebih banyak hiburan, fasilitas untuk hiburan di kota relatif lebih banyak daripada di desa.
Baca juga: Pengertian Pertumbuhan Penduduk Alami Dan Cara Menghitung Pertumbuhan Penduduk Alami