Pengertian Listrik Dimanis, Hukum OHM, Dan Rumus Hambatan Listrik

Berikut adalah pembahasan tentang: Listrik dinamis, pengertian listrik dinamis, hukum OHM, hukum ohm adalah, bunyi hukum ohm, rumus hukum ohm, mengukur hambatan listrik, alat pengukur hambatan listrik, fungsi multimeter, rumus hambatan listrik, hambatan jenis penghantar.

Listrik Dinamis

Pengertian Listrik Dinamis:
Listrik dinamis adalah listrik yang dapat bergerak. cara mengukur kuat arus pada listrik dinamis adalah muatan listrik dibagai waktu dengan satuan muatan listrik adalah coulumb dan satuan waktu adalah detik.

A. HUKUM OHM

Hukum Ohm adalah suatu pernyataan bahwa besar arus listrik yang mengalir melalui sebuah penghantar selalu berbanding lurus dengan beda potensial yang diterapkan kepadanya.

Rumus Hukum OHM:

Listrik dinamis, pengertian listrik dinamis, hukum OHM, hukum ohm adalah, bunyi hukum ohm, rumus hukum ohm, mengukur hambatan listrik, alat pengukur hambatan listrik, fungsi multimeter, rumus hambatan listrik, hambatan jenis penghantar.

B. Mengukur Hambatan Listrik 

1. Mengukur hambatan listrik secara langsung

Hambatan listrik dapat diukur secara langsung dengan menggunakan multimeter.

2. Mengukur hambatan listrik secara tidak langsung

Hambatan listrik secara tidak langsung dapat diukur dengan menggunakan metode voltmeter– amperemeter pada gambar berikut.

Nilai R dapat dihitung dengan:

Hambatan Jenis Penghantar (r)


Rumus: