Terjemah Percakapan Bahasa Arab Baina Yadaika Tentang Orang dan Tempat (الناس و الأماكين )

Jika dilihat sekilas  judul bab ini nampaknya sedikit membingungkan. Pada initinya percakapan bab ini akan bercara seputar orang yang melakukan migrasi dari tempat satu ke tempat lainnya.

Berikut ini terjemah percakapan bahasa Arab dari kitab Silsilah Baina Yadaika Jilid I Bab ke XI dengan judul asli الناس و الأماكين Annaasu wal Amakin:

Hiwar I 

Tsabit : Kenapa kamu meninggalkan Iraq ?
Harist : Perusahan ini pindah ke Jeddah, dan aku adalah direktur di sini.

Tsabit : Bukankah kamu bahagia di Iraq
Harits : Benar, Iraq adalah negara yang indah dan aku memiliki banyak teman di sana.

Tsabit : Apa pendapatmu tentang Jedah ?
Harits : Jedah kota yang besar dan indah sekali

Tsabit : Bagaimana kamu mengisi waktu di Jedah ?
Harits : Aku pergi ke pantai bersama keluarga.

Tsabit : Dan sekarang kamu mau pergi ke mana ?
Harits : Aku akan pergi ke Mekah untuk umroh dan sholat di Masjidil Haram.

Tsabit : Berapa waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke Mekah ?
Harits : Butuh waktu sekitar satu jam.

Hiwar II

Laits    : Anda hadir (datang) dari mana ?
Tsamir : Saya hadir (datang) dari yaman. Saya orang Yaman.

Laits    : Kapan anda hadir (datang) daru Yaman ?
Tsamir : Saja hadir (datang) sejak 10 tahun.

Laits    : Apakah kamu memiliki tanda kewarganegaraan Yaman
Tsamir : Ya, saya memiliki paspor Yaman

Laits    : Apakah anda datang untuk bekerja ?
Tsamir : Tidak, saya datang untuk sekolah, dan setelah selesai sekolah aku menikah.

Laits    : Kerja apa anda di sini ?
Tsamir : Saya kerja sebagai dosen di sebuah Universitas

Laits    : Apakah anda berkunjung ke Yaman ?
Tsamir : Ya, aku menghaabiskan liburan bersama keluargaku di Yaman

Laits    : Apakah anda bahagia di sini ?
Tsamir : Ya, Alhamdulillah.

Hiwar III

Ahmad  : Dimana sekarang kamu tinggal wahai Badar ?
Badar    : Aku tinggal di kampung

Ahmad  : Mengama kamu meninggalkan kota ?
Badar    : Desa itu tenang dan udaranyapun bersih

Ahmad  : Tapi di kotakan banyak universitas, rumah sakit, perusahaan dan pusat perbelanjaaan .
Badar    : Dan di kota juga banyak kebisingan, polusi dan macet.

Ahmad  : Kenapa kamu tinggal di desa sedangkan kamu kerja di sini ?
Badar    : Tidak ada masalah.

Ahmad  : Bagaimana cara kamu pergi ke kota ?
Badar    : Aku pergi dengan kereta.

Ahmad  : Berapa waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke kota ?
Badar    :  Butuh waktu sekitar satu jam setengah.