Pengertian dan Macam-macam Jenis Penyerbukan pada Tumbuhan Beserta Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu bagian dari ciri perkembangbiakan tumbuhan secara generatif (seksual) yaitu adanya penyerbuakan.

Pembahasan ini meliputi pengertian penyerbukan, macam macam penyerbukan, jenis jenis penyerbukan, contoh penyerbukan, penyerbukan bastar, penyerbukan sendiri, proses penyerbukan pada bunga, macam macam penyerbukan pada tumbuhan, penyerbukan tetangga.

Pengertian Penyerbukan

Terjadinya proses penyerbukan merupakan suatu peristiwa yang berkaitan dengan alat kelamin betina (putik) yang terbentuk zigot yang tumbuh dan berkembang menjadi embrio atau lembaga yang berlanjut pada proses pembuahan pada jenis tumbuhan.
Untuk lebih jelasnya, pengertian penyerbukan adalah proses jatuhnya atau menempelnya serbuk sari di kepala putik.
Untuk lebih jelasnya, pelajari pada uraian penyerbukan dan pembuahan di bawah ini.
Penyerbukan atau persarian yaitu sampainya serbuk sari yang mengandung spermatozoa pada putik yang mengandung sel telur (ovum) berasal dari tumbuhan berbiji tertutup atau pada testis penyerbukan tumbuhan berbiji terbuka.

Macam-macam Jenis Penyerbukan

Dilihat dari penyebab terjadinya penyerbukan ada 2 macam, yaitu berdasarkan sampainya serbuk sari pada kepala putik dan berdasarkan asal serbuk sari tumbuhan berbiji.

a) Macam-macam Penyerbukan Berdasarkan penyebab sampainya serbuk sari

Berdasarkan penyebab sampainya serbuk sari pada putik, maka peristiwa penyerbukan digolongkan menjadi 4 macam, yaitu:

(1) Anemogami
Anemogami adalah Penyerbukan yang terjadi pada bunga karena bantuan angin. 
Penyerbukan ini memiliki ciri-ciri yaitu jumlah serbuk sarinya banyak dan ringan, tidak memiliki perhiasan bunga, kedudukan serbuk sari bergantungan dan kepala putiknya. Contohnya: tanaman padi, dan gandum.

(2) Hydrogami
Hydrogami adalah Penyerbukan yang terjadi pada bunga karena bantuan air. 
Pada umumnya jenis tumbuhan air yaitu serbuk sari bunga jantan yang terbawa air menuju ke putik bunga betina sehingga terjadi penyerbukan. Contohnya: tanaman Hydrilla.

(3) Zoidiogami
Zoidiogami adalah penyerbukan yang dibantu oleh hewan, Penyerbukan dibantu oleh serangga disebut Entomogami
Bunganya memiliki bau yang khas dengan mahkota berwarna mencolok serta mempunyai kelenjar madu yang berfungsi sebagai daya tarik serangga untuk mendekat.

(4) Antropogami
Penyerbukan dibantu oleh manusia disebut Antropogami
Karena secara alami tanamannya sulit menghasilkan buah sehingga harus ada campur tangan manusia. Contohnya: Tanaman vanili
Pengertian dan Macam-macam Jenis Penyerbukan pada Tumbuhan Beserta Contohnya
Gambar: Penyerbukan pada Vanili

b) Macam-macam Penyerbukan Berdasarkan serbuk sari

Proses penyerbukan terjadi berdasarkan asal serbuk sarinya, yaitu serbuk sari yang jatuh di kepala putik dapat berasal dari jenis tanaman bunga tunggal atau berasal dari bunga lain pada jenis tanaman majemuk dalam satu pohon.

Berdasarkan asal jatuhnya serbuk sari, dibedakan menjadi 4 macam, yaitu:
Pengertian dan Macam-macam Jenis Penyerbukan pada Tumbuhan Beserta Contohnya
Gambar: Penyerbukan Autogami, Geitogami, Alogami dan Bastar

(1) Autogami
Autogami adalah Penyerbukan yang terjadi karena serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari satu bunga itu sendiri.
(2) Geitonogami
Geitogami adalah Penyerbukan yang terjadi karena serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari bunga lain dalam satu pohon.
(3) Alogami
Alogami adalah Penyerbukan yang terjadi karena serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari bunga lain yang berbeda pohon, tetapi masih satu spesies atau penyerbukan silang.
(4) Bastar
Bastar adalah Penyerbukan yang terjadi karena serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari bunga lain yang spesiesnya berbeda.
Demikian pembahasan tentang pengertian penyerbukan pada tumbuhan beserta macam-macam jenis penyerbukan dilengkapi dengan contohnya masing-masing.