Pengertian dan Rumus Beda Potensial (Tegangan Listrik) serta Contoh Soal Beda Potensial

Berikut ini merupakan pembahasan tentang tegangan listrik yang meliputi pengertian beda potensial, pengertian tegangan listrik, rumus beda potensial, rumus tegangan listrik, contoh soal beda potensial, contoh soal tegangan listrik.

Pengertian Tegangan Listrik (Beda Potensial)

Tegangan listrik sering diistilahkan dengan beda potensial diberi lambang V singkatan dari Voltase yang artinya tegangan. Apakah beda potensial itu? Perhatikanlah gambar berikut!
Pengertian dan Rumus Beda Potensial (Tegangan Listrik) serta Contoh Soal Beda Potensial
Gambar: Rangkaian Listrik Tertutup

Arus listrik mengalir dari titik A melalui lampu ke B karena ada beda potensial. Supaya arus listrik terus-menerus mengalir, maka muatan yang sampai di B harus dikembalikan di A dengan menggunakan sumber tegangan. Sedangkan untuk mengembalikan muatan listrik dari B ke A, sumber tegangan memerlukan energi.
Jadi, beda potensial adalah banyaknya energi yang berfungsi untuk mengalirkan setiap Coulumb muatan dari satu titik ke titik yang lain.

Rumus Beda Potensial

Apabila energi W, muatan listrik q, maka beda potensial V dapat dirumuskan:


Keterangan:
W = energi, satuan Joule
q = muatan, satuan Coulumb
V = Beda Potensial, satuan Volt

Dua titik dikatakan mempunyai beda potensial 1 Volt, apabila sumber tegangan itu mengeluarkan energi sebesar satu Joule untuk memindahkan muatan listrik sebesar satu Coulumb dari satu titik ke titik yang lain.

Contoh Soal Beda Potensial

Untuk memindahkan muatan sebanyak 30 Coulumb dari titik A ke titik B diperlukan energi sebesar 900 Joule. Hitunglah besar beda potensial antara titik A dan titik B!

Penyelesaian

Diketahui:
q = 30 C
W = 900 J

Ditanya: VAB = …?

Jawab:
VAB = W/q
        = 900/30 J/C
        = 30 Volt

Demikian pembahasan tentang tegangan listrik atau beda potensial yang di dalamnya meliputi pengertian beda potensial, pengertian tegangan listrik, rumus beda potensial, rumus tegangan listrik, contoh soal beda potensial, contoh soal tegangan listrik.