Pengertian Konsumsi, Tujauan Dan Pola Konsumsi

Berikut adalah pembahasan tentang: Konsumsi, pengertian konsumsi, tujuan konsumsi, pola konsumsi, kegiatan konsumsi, dan tujuan kegiatan konsumsi.

Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan menggunakan, memakai atau menghabiskan hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan.
Secara umum, pengertian konsumsi adalah kegiatan menggunakan, memakai atau menghabiskan hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan. Pada hakikatnya konsumsi merupakan pemakaian suatu hasil produksi atau barang dan jasa.


Pengertian Konsumsi

Konsumsi, artinya suatu aktivitas manusia dalam memakai, mempergunakan atau menghabiskan barang-barang dan jasa yang di produksi sebelumnya. Orang yang melakukannya disebut konsumen.
Manusia di dalam mengkonsumsi barang dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  1. Benda sekali habis pakai, yaitu benda yang apabila dipakai (dimanfaatkan) akan habis dalam satu kali proses, misalnya, makanan, minuman, minyak bensin dalam industri, bahan baku, dan lain-lain.
  2. Benda tidak habis pakai dalam satu kali proses (benda tetap), yaitu benda-benda konsumsi yang apabila digunakan tidak habis dalam satu kali proses, misalnya: rumah, peralatan rumah, mesin industri, dan lain-lain.

konsumsi, pengertian konsumsi, tujuan konsumsi, pola konsumsi, kegiatan konsumsi, tujuan kegiatan konsumsi
Gambar: Pedangan Melayani Konsumen


Tujuan Konsumsi

Tujuan konsumsi adalah untuk memperoleh kepuasan setinggitingginya dalam mencapai tingkat kemakmuran terhadap berbagai kebutuhan hidup. Dalam menghadapi berbagai kebutuhan hidup,
muncul istilah yang disebut pola konsumsi.

Artinya, susunan tingkat kebutuhan seseorang (rumah tangga) untuk jangka waktu tertentu
yang akan dipenuhi dari penghasilannya.

Pola Konsumsi

Pola konsumsi seseorang dipengaruhi oleh:

  1. tingkat pendapatan/penghasilan;
  2. besar kecilnya keluarga;
  3. harga barang-barang kebutuhan;
  4. tingkat pendidikan dan kebutuhan dalam masyarakat; dan
  5. lingkungan tempat tinggal.


Prinsip Konsumen dalam Mengatasi Kebutuhan Hidup

Adapun yang menjadi prinsip konsumen dalam mengatasi kebutuhan adalah sebagai berikut:

  1. membeli dengan skala prioritas kebutuhan;
  2. membeli semua kebutuhan baik barang, (jasa) dengan mutu baik dan harga murah;
  3. hidup hemat dalam menggunakan barang;
  4. berbelanja disesuaikan dengan pendapatannya; dan
  5. menabung di bank untuk menghadapi masa depan.