Pengertian Matahari dan Lapisan-lapisan Matahari

Hai Sahabat PUTAKAPEDIA.COM hari ini tema bahasan kita adalah: Matahari adalah, jarak bumi-matahari, energi matahari, lapisan-lapisan matahari, fotosfer  pengertian kromosfer, pengertian korona.

MATAHARI

  • Matahari adalah bintang.
  • Jarak Bumi-Matahari, bagi ukuran jagat raya sangat dekat, yaitu sekitar 150.000.000 km (= 1 satuan astronomi = 1 SA).
  • Jarak antarbintang di jagat raya diukur dengan satuan tahun cahaya.
  • 1 tahun cahaya = 1013 km. 

Energi di Matahari 

Hal yang memungkinkan terbentuknya energi di matahari yang luar biasa adalah proses reaksi nuklir (fusi nuklir). Menurut Albert Einstein, besarnya energi yang timbul pada reaksi nuklir di Matahari dapat dihitung dengan per-samaan:


Lapisan-lapisan Matahari

Matahari adalah, jarak bumi-matahari, energi matahari, lapisan-lapisan matahari, fotosfer  pengertian kromosfer, pengertian korona.


1. Inti Matahari

Inti Matahari merupakan bagian yang selalu bergerak. Pada inti Matahari terjadi reaksi termonuklir yang menghasilkan energi yang besar. Suhu yang ada di inti Matahari mencapai 13.600.000° C.

2. Fotosfer (lapisan cahaya)

Fotosfer adalah lapisan cahaya yang sangat terang, putih dan menyilaukan mata. Tebalnya sekitar 320 km dengan suhu mencapai 6.000° C.

3. Kromosfer

Kromosfer disebut juga atmosfer Matahari. Tebalnya mencapai 2.400 km. Suhunya 4.000° C, namun bagian luarnya bisa mencapai 10.000° C.

4. Korona

Korona adalah lapisan atmosfer luar Matahari yang berbentuk mahkota.