Perlawanan Rakyat Indonesia

Berikut adalah pembahasan tentang: Bentuk-bentuk Perlawanan Rakyat, bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme barat di berbagai daerah, perjuangan bangsa indonesia melawan penjajah, perlawanan rakyat indonesia terhadap belanda, perlawanan rakyat indonesia terhadap voc, perlawanan rakyat indonesia, perjuangan melawan penjajah.

Bentuk-bentuk Perlawanan Rakyat

Menyikapi kedatangan serta dominasi bangsa-bangsa Barat di Indonesia, bangsa Indonesia melakukan reaksi dan perlawanan dalam bentuk yang berbeda-beda.

Reaksi dilakukan dengan cara menunjukkan rasa tidak suka, menolak, atau tidak mau berhubungan dengan mereka, baik dalam bidang perdagangan, kebudayaan, ataupun bidang-bidang lainnya.

Perlawanan yang dilakukan umumnya melalui peperangan dan gerakan sosial. Peperangan dilakukan secara terorganisir, terutama oleh angkatan bersenjata milik kerajaan di suatu daerah atau pasukan yang dimiliki oleh kelompok bersenjata.

Adapun melalui gerakan sosial, perlawanan dilakukan dengan cara protes, perusakan milik penjajah atau penguasa yang bekerja sama dengan penjajah, serta gerakan sosial berupa pemberontakan.

Baca juga: Kebijakan Pemerintah Kolonial, Tujuan Dibentuknya VOC, Dan Hak Istimewa VOC

Faktor-faktor Perlawanan Rakyat

Perlawanan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia terhadap kedatangan dan dominasi bangsa Barat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya sebagai berikut.
  1. Gerakan bangsa Barat yang cenderung menguasai dan menjajah sumber daya alam serta sumber daya manusia yang ada di Indonesia.
  2. Hasrat untuk hidup tenang sesuai dengan adat istiadat setempat dari rakyat Indonesia, seperti halnya sebelum kedatangan bangsa-bangsa Barat.
  3. Hasrat untuk menegakkan kedaulatan dan kemandirian serta tidak ingin dicampuri oleh bangsa asing.
  4. Kolonialisme dan imperialisme  sangat   membelenggu masyarakat Indonesia.

Bentuk-bentuk perlawanan yang dilakukan oleh rakyat menunjukkan bahwa rakyat Indonesia tidak menghendaki penjajahan. Hal tersebut telah merugikan pemerintah kolonial di Indonesia.

Namun, perlawanan tersebut belum mampu mengusir Belanda dari wilayah Indonesia sampai negara tersebut mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II dan menyerah kepada Jepang pada 8 Maret 1942.

Faktot Kegagalan Mengusir Belanda

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rakyat Indonesia gagal mengusir penjajah, di antaranya:
1) kurangnya persatuan di antara rakyat dan kerajaan-kerajaan di Indonesia;
2) mentalitas sebagian orang Indonesia yang  terpedaya oleh jabatan dan kekayaan yang ditawarkan oleh penjajah;
3) kualitas SDM Indonesia cenderung kalah dengan SDM penjajah;
4) kuatnya rasa cinta kedaerahan rakyat Indonesia sehingga menjadi peluang bagi penjajah untuk mengadu domba;
5) terdapatnya persaingan di antara kerajaan-kerajaan di Indonesia untuk menjadi kerajaan yang paling maju;
6) sarana dan prasarana militer serta alat komunikasi antar daerah di Indonesia yang sangat minim.